Rabu, 26 Juni 2013

10 hal yang pantang dilakukan di cina

1. jangan pernah menerima pujian sepenuh hati
biasanya jika kita memuji orang cina, misalnya pada kasus betapa enaknya makanan yang dimasaknya, biasanya orang tersebut malah akan bilang “ah…tidak, masakan ini tidak enak sama sekali”. intinya orang cina semakin dipuji malah akan semakin merendah (beda banget sama saya, kalo dipuji malah bilang “alhamdulillah, ya iya lah :D “) . tradisi mereka mengajarkan untuk selalu bersikap sederhana & sopan tanpa memperlihatkan kelebihan mereka

2. jangan pernah mempermalukan orang lain (yang ini mah ga usah di cina juga emang harus … ;-) )
jangan pernah membuka aib seseorang di depan orang lain (apalagi di depan orang banyak),sebaliknya pujilah mereka disetiap kesempatan. maka mereka akan menghargai anda (kalo dipuji malah merendah..gimana sih.. :?: )
3. jangan pernah bertengkar di depan umum (sama kaya’ no 2…ya iyalah…..)
4. jangan pernah memanggil orang dengan nama pertamanya
nama orang cina biasanya terdiri dari 2 suku kata, nama pertama dan nama keluarga. biasanya nama keluarga diletakkan paling depan. jika seseorang memperkenalkan dirinya sebagai Mr. Li Ming, maka sebaiknya kita memanggilnya Mr. Li, karena ini adalah nama keluarganya.
5. jangan pernah mengambil makanan dengan ujung sumpit yang salah (gimana si…masa’ ga bisa bedain…. :P , mending pake sendok+ garpu aja kalo ragu2, ato skalian pake tangan)
bisa diliat di gambar di bawah, kalo ujungnya aja udah beda…jadi jangan sampai salah ya ..


6. jangan pernah minum alkohol tanpa menawarkannya terlebih dahulu (yang ini mah kayakna ga mungkin salah d….wong soda aja ga minum…palagi alkohol :roll: ) 7. jangan pernah membiarkan sesorang membayarkan tagihan anda tanpa anda menolaknya terlebih dahulu (ini yang syusah…rejeki ko’ ditolak…)
biasanya orang cina berebutan untuk saling membayar tagihan pada saat mereka selesai makan.
8. jangan pernah membawa “tangan kosong” jika anda berkunjung ke rumah orang lain
kebiasaan orang cina adalah sering memberikan hadiah untuk orang lain, tanpa memerdulikan saat2 spesial. jadi biasakan anda untuk membawa “hadiah kecil” kemanapun anda pergi, karena anda tidak tau siapa yang akan anda temui (haduh…susah banget si…mo ngomongnya..)
9. jangan pernah langsung menerima makanan, minuman & hadiah, tanpa terlebih dulu menolaknya (alias malu2 kuching….)
karena orang cina akan menganggap orang tersebut tamak alias rakus, jika langsung menerima tawaran dari orang lain, betapa inginnya barang tersebut
10. jangan pernah menganggap serius jika ada orang cina berkata “tidak, terimakasih” untuk pertama kali
karena kata2 tersebut adalah kata2 yang pasti mereka ucapkan jika ditawarkan sesuatu betapapun mereka menginginkannya. jadi biasakan untuk menawarkan hal (makanan, minuman, dll) kepada mereka lebih dari 2 kali meskipun mereka tetap berkata “tidak, terimakasih”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar